Emma Yohanna Gelar Sosialisasi Empat Pilar MPRI di Bukittinggi

indonesiasatu, 09 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BUKITTINGGI - Anggota MPR RI, Hj. Emma Yohanna menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kepada guru-guru, bundo kanduang, ninik mamak dan tokoh masyarakat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Dihadapan hadirin Emma Yohanna mengatakan bahwa pentingnya Pancasila dalam merawat perbedaan suku, agama dan rasbyang terdapat di Indonesia. Karena tanpa adanya pancasila maka Indonesia tidak akan berdiri kokoh sebagai sebuah bangsa.

"Pancasila adalah pedoman bagi kita sebagai warga negara menjaga keutuhan bangsa ini dari upaya perbuatan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan diantara kita", kata Emma Yohanna.

Untuk itu, Senator asal Sumatera Barat itu mengajak guru-guru dan tokoh masyarakat menyampaikan pesan-pesan kebangsaan yang terdapat dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada siswa dan masyarakat yang berada di Kota Bukittinggi.

Salah seorang peserta, Mukhrizal menyampaikan pedoman tentang penampungan aspirasi yang dilakukan anggota MPR RI. Bahwa aspirasi masyarakat menjadi prioritas bagi setiap wakil rakyat daerah untuk dicarikan jalan keluarnya.

"Kami yakin Bapak dan Ibu anggota mampu menjadi penyambung aspirasi kami, terutama soal penyakit masyarakat yang kian meresahkan dikampung kami," ujar Mukhrizal.

Sedangkan guru SMA 5 Bukittinggi,  Syahrudin mengungkapkan bahwa guru yang bertugas untuk menjelaskan mengenai Empat Pilar MPR RI kepada  siswa disekolah baik negeri maupun swasta terkendala dengan ketersediaan buku yang tidak cukup. Mestinya kendala tersebut tidak muncul, mengingat pentingnya buku pedoman dalam menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah kehidupan berbangsa yakni pancasila. 

"Kami mencoba merakit buku sendiri dalam bentuk modul, tapi tetap tidak cukup untuk mengajarkan tentang Empat Pilar. Untuk itu sosialisasi tentang kehidupan berbangsa harus terus dilakukan karena memang  dirasakan sangat terbatas," ucapnya.

Dalam materi sosialisasi tersebut, Emma Yohanna membagikan buku kepada guru dan tokoh masyarakat ml sebagai bahan untuk mendalami tentang pancasila dan bhinneka tunggal ika

(***)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu